Selasa, 24 April 2012

Tepung singkong


Tepung singkong Penganti tepung terigu
Salah satu komoditas pangan yang patut dipertimbangkan untuk dikembangkan di Indonesia khusunya di  pulau jawa adalah umbi-umbian seperti singkong atau ubi. Kondisi tanah dan iklim Indonesia sangat cocok untuk ditanami singkong. Di Indonesia, singkong telah dapat diolah lebih lanjut menjadi gaplek, sawut, tepung tapioka,dan tepung singkong   .
Secara umum bahan baku singkong yang digunakan bisa dari varietas apa saja namun lebih baik gunakan yang berkadar asam sianida rendah. Disebutkan pula bahwa bahan baku singkong  yang didapat dari daerah dataran tinggi akan menghasilkan randemen yang bagus dibandingkan singkong dari dataran rendah.
Prospek pengembangan
Tepung singkong memiliki prospek pengembangan yang bagus, pertama dilihat dari ketersediaan singkong sebagai bahan baku yang berlimpah sehingga kemungkinan kelangkaan produk dapat dihindari karena tidak tergantung dari impor seperti gandum; kedua yaitu  harga tepung singkong relatif lebih murah dibanding dengan harga tepung terigu maupun tepung beras, sehingga biaya pembuatan produk dapat lebih rendah dan pasar lokalnya sangat prospektif karena begitu banyak industri makanan yang menggunakan bahan baku tepung.
Dari beberapa alasan diatas dapat disimpulkan bahwa lahirnya teknologi produksi tepung singkong memberikan peluang besar . Keberadaan tepung singkong sebagai alternatif dari tepung terigu akan bermanfaat bagi industri pengolahan  Jenis dan karakteristik yang hampir sama dengan terigu, namun dengan harga yang jauh lebih murah membuat tepung singkong  menjadi pilihan yang sangat menarik.
Cara pembuatannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar