Selasa, 24 April 2012

Sampeu singkong


Tanaman Sampeu (singkong)
Sampeu (Singkong ) atau ubi kayu berpotensi sebagai pengganti beras. Hal ini penting dilakukan untuk peningkatan diversifikasi makanan.
Sampeu (Singkong) dapat menjadi pengganti beras yang sangat potensial untuk menunjang diversifikasi makanan,Itulah penyuluhan dari Bp4K Kabupaten Bogor bagian   Badan Ketahanan Pangan  .
Menurut dia, singkong atau ubi kayu merupakan sumber karbohidrat terpenting ketiga setelah beras dan jagung. Selain itu, juga dapat menjadi sumber pangan pokok lokal nasional dengan tingkat produktivitas yang tinggi.
Produktivitas singkong meningkat dalam sepuluh tahun terakhir, meskipun luas panen menurun.

Namun, demikian produksi singkong cenderung naik Sampeu( Singkong) juga dalam perkembangan penelitian dan inovasi teknologi tinggi dapat diolah menjadi makanan bernilai jual tinggi. Seperti, Mocaf, tepung Cassava terfermentasi yang bisa menjadi alternatif pengganti tepung gandum yang selama ini masih diimpor.

Singkong dapat digunakan untuk food, feed, dan fuel,itulah berita dari negeri ini berita selanjutnya  , kegunaan tanaman singkong sangat beraneka ragam, mulai dari umbi untuk food, feed, fuel dan biodegradable plastic, batangnya yang tua untuk bibit, batang muda dan daun untuk pakan ternak, bonggol setelah umbinya diambil dapat dijadikan pupuk organik dengan dicampur kotoran hewan (sapi atau ayam).

Untuk itu, peluang pengembangan aneka olahan singkong sangat terbuka luas bagi masyarakat, sehingga singkong tidak hanya menjadi makanan kelas dua dan hanya dikonsumsi oleh penduduk desa.

Peningkatan diversifikasi makanan terhadap singkong ini juga dilakukan untuk menurunkan impor beras dan tepung gandum. Sehingga, dapat meningkatkan ekspor pangan lokal berupa Sampeu(singkong).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar